Beranda / Blog

Persiapan Soft Launching Stadion Internasional Jakarta

 01/01/2022

Perancangan Stadion Internasional Jakarta. Foto: Burohappold.com.

Jakarta, Properti2 - Pada 11 Desember 2021 lalu seharusnya merupakan soft launching Stadion Internasional Jakarta (JIS), namun harus ditunda. Meski demikian, persiapan tetap berjalan dengan mengetes perangkat stadion, diantaranya lighting dan sound system. Termasuk berkumandang adzan pertama kali di dalam stadion menyertai persiapan kegiatan.

Gubernur DKI Jakarta melalui akun media sosial pribadi menginformasikan bahwa seharusnya soft launching JIS dilakukan dengan digelarnya pertandingan International Youth Championship (IYC) 2021. Namun soft launching  JIS harus ditunda karena adanya perkembangan varian baru virus COVID-19 (Omicron), sehingga memaksa klub-klub yang akan bertanding tidak mungkin datang ke Indonesia.

"Penundaan IYC 2021 bukan berarti pekerjaan (persiapan) terhenti, semuanya tetap jalan terus. Dan kemarin malam kita hadir menyaksikan dari dekat lighting yang sudah dipasang, sound system yang sudah berfungsi dengan baik. Semalam kita saksikan bagaimana pencahayaan stadion ini, sekaligus kualitas sistem suaranya amat baik," tutur Anies Baswedan.

Disebutkan oleh Gubernur DKI bahwa progres pembangunan JIS akan segera selesai atau sudah 87%.

"Apalagi progres pembangunannya sampai kemarin sudah sampai 87%, tinggal 13% lagi tuntas. Dan pekerjaan ini menjadi perhatian bukan hanya warga Jakarta, tetapi warga Indonesia dan dunia, mudah-mudahan semuanya lancar, jaga stamina, insya Allah tuntas," ditutup Anies.

Stadion Internasional

Biro Arsitektur Buro Happold bekerja sama dengan Jakarta Konsultindo (JakKon) menyiapkan masterplan konsep awal JIS. Stadion yang berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara ini menghadirkan stadion multi fungsi kelas internasional. Adapun kapasitas stadion dapat menampung 82.000 kursi.

Menurut Buro Happold, JIS akan mengakomodasi berbagai kegiatan olahraga, musik, konferensi, dan lainnya. Kami memberikan fleksibilitas dalam perancangannya, sekaligus pergerakan dan keamanan orang di dalam stadion dan sekitarnya. Ini termasuk mobilitas dan aksesibilitas, serta infrastruktur dan perencanaan transportasi. (arf)

Baca juga: Sirkuit Mandalika Siap Untuk MotoGP

Tagline:

JIS

 

Stadion Internasional Jakarta

 

International Stadium

 

Anies Baswedan

 

Buro Happold

 

JakKon