Beranda / Blog

Anies Baswedan: Sudah Pernah ke Taman-taman Ini?

 17/04/2021

teguh arief

Gubernur Anies dan Warga di Taman Papyrus. Foto: Instagram.com/aniesbaswedan.

Jakarta, Properti2 - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam satu kesempatan memperlihatkan beberapa taman-taman baru di ibukota.

Yang mana pada tahun 2019 - 2020 telah dibangun 20 Taman Maju Bersama di DKI Jakarta yang memiliki fungsi sebagai penampung dan peresap air hujan.

Taman menjadi salah satu upaya nyata untuk menjaga keseimbangan lingkungan, sekaligus membangun ruang interaksi antar warga.

Diantara taman-taman tersebut, tiga taman diperlihatkan oleh Anies Baswedan, sembari bertanya yang seakan mengundang warga untuk datang ke taman-taman baru di Jakarta.

"Sudah pernah ke taman-taman ini?," tulis Anies.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membuka kembali taman dan hutan kota dengan memenuhi ketentuan yang berlaku pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masayarakat (PPKM).

Taman Papyrus

Taman Papyrus. Foto: Instagram.com/temantaman.jkt.

Taman Papyrus yang berada di area Kebun Binatang Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini menjadi ruang publik untuk bermain dan bersantai.

Selain itu memiliki fungsi menjaga keseimbangan lingkungan sekitar. Pada saat musim hujan cekungan yang terdapat di Taman Papyrus akan digenangi limpahan air dari sekitar kawasan taman dan akan kering pada saat musim kemarau.

Taman Apung

Taman Apung. Foto: Instagram.com/temantaman.jkt.

Taman Apung di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur memiliki danau sebagai kolam retensi yang terdapat banyak ikan di dalamnya.

Selain itu Taman Apung memiliki hamparan rerumputan dan pepohonan yang dapat memperbaiki struktur tanah, sehingga laju resapan air hujan dapat berlangsung optimal.

Dan taman dilengkapi fasilitas publik, sehingga membuat betah berlama-lama.

Taman Bambu

Danau di Taman Bambu. Foto: Instagram.com/temantaman.jkt.

Taman Bambu di Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur bisa disebut sebagai taman hujan (rain garden) yang berfungsi untuk menampung air hujan. Taman ini memiliki hamparan rumput luas dan tiga danau.

Taman Bambu sangat menarik untuk dikunjungi dan memberikan sensasi yang berbeda.

Bersama, kita jaga Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar kita...

Tagline:

Anies Baswedan

 

Pemprov DKI Jakarta

 

Taman Maju Bersama