Beranda / Blog

Wujudkan Keadilan, Anies Resmikan Kampung Susun Akuarium

 01/09/2021

teguh arief

Anies Resmikan Kampung Susun Akuarium. Foto: Instagram.com/aniesbaswedan.

Jakarta, Properti2 - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan tahap pertama Kampung Susun Akuarium bentuk mewujudkan keadilan dalam bidang permukiman warga. Kampung Susun Akuarium yang berlokasi di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara diresmikan pada Selasa (17/8/2021).

Kampung Susun Akuarium terdiri dari dua blok dengan lima lantai. Ada 107 unit hunian di bangunan baru Kampung Susun. Bangunan Kampung Susun Akuarium memiliki tipe 36. Ada satu kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga.

Rencananya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun lima blok Kampung Susun Akuarium. Yang mana tiga blok berikutnya akan selesai pada tahun 2022.

Fasilitas Kampung Susun Akuarium

Adapun fasilitas pendukung yang tersedia dalam peresmian dikatakan Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Sarjoko, terdapat satu ruangan berisi galeri sebagai ruang pameran cagar budaya, serta tiga kios usaha untuk warga Kampung Susun Akuarium.

Selain itu mengenai fasilitas dikatakan oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris kepada Antara, Selasa (18/07/2021), untuk air bersih warga diperoleh dari pipa sambungan dengan perusahaan air minum (PAM). Sementara air kotornya, akan disiapkan instalasi pengolahan air limbah tersendiri.

Kemudian Afan mengatakan bahwa desain bangunan vertikal memiliki lebih banyak akses ruang terbuka bagi komunitas warga untuk membangun kekeluargaan di lantai dasar. Hunian lebih banyak ditempatkan di lantai atas dan bisa diakses menggunakan tangga.

Bentuk keadilan lainnya, ditambahkan oleh Ketua Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri (ABM) Dharma Diani, nantinya penempatan warga akan disesuaikan berdasarkan usia.

Usia Kepala Keluarga yang lebih muda ditempatkan di lantai atas, sementara yang lebih tua ditempatkan di bawah.

Dan wujud keadilan lainnya, terdapat satu unit hunian yang memiliki fasilitas bagi penyandang disabilitas.

"Itu semuanya berdasarkan hasil diskusi musyawarah untuk mufakat," kata Diani.

Syarat Kampung Susun Akuarium

Adapun syarat menempati Kampung Susun Akuarium adalah warga terkena dampak penggusuran di zaman pemerintahan sebelumnya.

Baca juga: Perluasan Ancol untuk Warga Jakarta, Sebelumnya Komersial

Tagline:

Kampung Susun Akuarium

 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

 

Anies Baswedan

 

Sarjoko

 

Afan Adriansyah Idris

 

Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri

 

Dharma Diani